Tawaran Indonesia Untuk Merayu Investor Diperumit Oleh Kode 'Larangan Seks'

Tawaran Indonesia Untuk Merayu Investor Diperumit Oleh Kode ‘Larangan Seks’ – Selama bertahun-tahun, Indonesia telah berusaha menampilkan dirinya sebagai tujuan slot investasi yang ramah untuk bersaing dengan negara tetangga Vietnam dan Malaysia.

Pada tahun 2016, selama masa jabatan pertamanya, Presiden Indonesia Joko Widodo mengumumkan pembukaan lusinan industry pada investasi asing https://165.22.100.49/ dalam apa saja yang disebutnya sebagai ledakan besar di liberalisasi ekonomi.

Cerita Stiker No Sex

Enam tahun setelahnya, hukum pidana baru yang penuh kontroversi di negara Asia Tenggara telah menjadi berita utama internasional sejak diambil pada awal bulan, karena larangan seks di luar nikah banyak timbul pertanyaan tentang komitmen untuk mendorong lingkungan bisnis yang terbuka. 

Rumitnya Kode Larangan 

Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) telah menyuarakan keprihatinan tentang beberapa bagian dari kode tersebut, termasuk hukuman untuk kejahatan korporat yang akan berdampak luas, dan dengan pengakuan hukum adat.

Dalam dunia usaha, penerapan hukum ini akan banyak menimbulkan ketidakpastian hukum yang membuat investor mempertimbangkan kembali dalam berinvestasi di Indonesia, ucap  APINDO dalam keterangan.

APINDO juga menambahkan bahwa larangan seks di luar nikah akan lebih merugikan daripada yang menguntungkan, terutama dalam bidang bisnis yang berada di bidang pariwisata dan perhotelan”.

Bagaimana Pendapat Ketua Kamar Dagang Dan Industri Sumatera Utara?

Khairul Mahalli, selaku Ketua Kamar Dagang dan Industri Sumatera Utara, menyatakan hal serupa. Fungsi daripada pemerintah sebagai regulator dan fungsi dunia usaha hokibet 69 sebagai operator, ujarnya. 

Disini perlu mendukung pemerintah dan memastikan tentang undang-undang baru dikoordinasikan di semua tingkat pemerintahan. Mahalli berkata bahwa badan-badan seperti PBB akan berperan penting untuk menghubungkan bisnis asing dengan mitra dalam negeri dan memastikan bahwa kelanjutan bisnis akan lancar setelah kode tersebut diberlakukan.

“Untuk saat ini dunia usaha di Indonesia belum terpengaruh dan merupakan dunia peluang,” ungkapnya. Kode yang dirubah dan di rombak total dari kode tahun 1918, ketika Indonesia dijajah koloni Belanda yang telah menjadi kontroversi selama bertahun-tahun sebelum pengesahannya, memicu protes nasional pada tahun 2019. 

Saat itu hingga sekarang, para kritikus  mengkhawatirkan hal itu akan melanggar hak asasi manusia dan bisa mengikis hak asasi manusia Indonesia serta kebebasan demokrasi. Perubahan tersebut bisa terjadi karena Indonesia telah mengambil langkah dalam upaya untuk menarik investasi yang mencakup target agar menarik investasi asing tahun depan.

Investasi asing langsung (FDI) di Indonesia naik 63,6 persen setiap tahun pada kuartal ketiga tahun 2022, menurut menteri investasi, Bahlil Lahadalia. China, Jepang, dan Singapura merupakan sumber investasi terbesar, terutama didorong oleh pengembangan pengolahan sumber daya merupakan dari bagian strategi negara yang lebih luas agar menambah nilainya.

Beberapa pengamat lingkungan memberi saran agar kode yang direvisi jauh dari menghalang investor, dan akan memberanikan mereka yang ingin mengeksploitasi ekosistem yang rusak. 

Seorang Arie Rompas, seorang juru kampanye di Greenpeace Indonesia, berkata bahwa dia yakin kode tersebut sudah diratifikasi untuk kepentingan investasi asing dan untuk menutup mulut suara-suara kritis. 

“Investor sangat senang karena pasal-pasal tentang kejahatan lingkungan menjadi lebih cepat, yang artinya bahwa kejahatan lingkungan akan menjadi sangat sulit untuk dibuktikan di pengadilan,” ucap Rompas kepada Al Jazeera.

Rompas menyebutkan banyak perundang-undangan baru yang menurut para kritikus akan membatasi perbedaan pendapat serta protes kemungkinan akan digunakan terhadap mereka yang mengkritik investasi asing, pada khususnya proyek yang dapat mengancam lingkungan.